Selasa, 10 Januari 2012

Kuliah Hari Ini II

tanggal 7 januari 2012...
kuliah patologi kebidanan...

hari ini kuliahnya nerusin presentasi kemaren... ehmm hari ini tentang asma..
baru mau mulai presentasi, dokter udah dapet telp dari ruang VK.. katanya mau vacum ekstraksi dulu...
pfft nunggu lagi ... nunggu sejam demi kuliah hari ini..

pelajaran yang bisa didapat hari ini adalah... ibu hamil yang mempunyai riwayat asma tidak selalu harus Sectio untuk persalinannya... karena kebanyakan pasien riwayat asma, pada saat hamil cenderung tidak merasakan sakit asma...
menurut penjelasan dosen gw.. penderita asma itu hipersensitivitas terhadap udara, atau asap, atau hal lainnya.. pada saat penderita itu hamil, imun dalam tubuhnya itu dimatikan, itu artinya penderita tersebut tidak lagi mengalami hipersensitivitas. pada saat hamil, pertemuan sel sperma dan sel telur.... sel sperma merupakan benda asing yang masuk ke dalam rahim, jika mengalami hipersensitivitas maka tidak akan terjadi kehamilan, karena pasti sel sperma di dalam rahim akan di keluarkan dari rahim, entah itu melalui perdarahan atau yang lain...

gw belum dapet referensinya sih.. tapi logikanya seperti itu....
ada lagi..
jenis kelamin janin yang di kandung juga berpengaruh pada ibu hamil yang mempunyai penyakit asma.. karena janin perempuan cenderung memiliki hormon esterogen dan progesteron yang akan memperparah penyakit asma tersebut.


ada cerita lagi dari dosen gw yang dokter obgyn juga... tahun 2001, seorang ibu hamil meninggal setelah melakukan pemijatan perut di tukang-tukang pijat itu, karena ususnya terpelintir... sebenarnya pemijatan perut itu tidak di anjurkan karena bisa menyebabkan perlekatan usus atau usus terpelintir.. "saya sering di repotkan dengan tukang pijat " ujar dosen saya

itu hanya pengalaman dari dosen saya yang bisa di ambil pelajaran....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar